CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 23 November 2015

bahaya obat obat terlarang

Bahaya Obat-Obat Terlarang dan Efeknya Bagi Tubuh

Obat-Obat Terlarang
Obat-Obat Terlarang
Obat-Obat Terlarang atau yang lebih dikenal dengan Narkoba adalah istilah yang muncul karena adanya penyalahgunaan terhadap obat-obatan tertentu serta senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat operasi dengan dosis yang berlebihan dan penggunaan yang tidak semestinya.
Narkoba (Narkotik, Alkohol, Dan Obat-Obat Berbahaya) dan sering disebut juga Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) adalah Obat-Obat Terlarang berbahaya bagi kesehatan yang digunakan dengan cara dihirup, dihisap, dimakan, atau melalui suntikan dan dapat menimbulkan kecanduan/ketagihan, halusinasi, dan efek fisik serta efek psikis lainnya.

Pengertian dan Penyebaran Narkoba

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 menyatakan narkotika adalah Obat-Obat Terlarang yang berasal dari zat atau obat yang berasal dari sintesis maupun semi sintesis, tanaman atau bukan tanaman yang dapat menimbulkan ketergantungan, hilangnya rasa nyeri, dan menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran. Efek yang ditimbulkan narkoba terhadap pemakainya yaitu menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh sehingga pengguna tidur panjang bahkan hingga tidak sadarkan diri, mengakibatkan kerja organ tubuh lebih cepat sehingga pemakai merasa lebih senang dan lebih bertenaga untuk sementara waktu, dan mengakibatkan seseorang berhalusinasi. Penggunaan dalam jangka panjang atau dengan dosis berlebihan dapat merusak organ tubuh bahkan kematian.
Penyebaran Narkoba semakin masif bahkan bisnis narkoba masuk dalam tiga bisnis kotor terbesar di dunia setelah perdagangan senjata dan perdagangan orang (human trafficking). Mafia Obat-Obat Terlarang Narkoba ini memiliki jaringan yang tersebar di seluruh dunia dan menjangkau semua kalangan. Kita bisa menyaksikan tidak hanya anak muda bahkan orang dewasa banyak yang terjerat narkoba, dari rakyat kecil hingga pejabat dan artis tak mampu menghindari godaan barang haram ini. Karena itu sosialisasi mengenai jenis-jenis narkoba dan bahayanya harus terus digalakkan. Meskipun tindakan ini ibarat pisau bermata ganda karena bisa jadi orang semakin penasaran setelah sosialisasi, namun dengan adanya penyuluhan bersama tentang narkoba diharapkan akan menumbuhkan kesadaran bersama untuk menolak narkoba yang akhirnya menurunkan angka pengguna. Apalagi saat ini jumlah pengguna tidak sebanding dengan jumlah tempat rehabilitasi.

Bahaya Obat-Obat Terlarang dan Efeknya Bagi Tubuh

Jenis Obat-Obat Terlarang

1. Narkotika; adalah obat bius yang berasal dari 3 jenis tanaman (candu, kokain, dan ganja) baik yang murni maupun campuran. Cara kerjanya adalah mempengaruhi susunan saraf sehingga pengguna tidak bisa merasakan apa-apa. Jenisnya yaitu: hashish, dektropropoksiven, demerol, barbiturat, mescalin, PC, LSD, Metadhone, Kodein, dan Opium.
2. Psikotropika; adalah zat buatan atau zat hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia dan tidak mengandung narkotika. Cara kerjanya adalah mengubah atau mempengaruhi tingkah laku dan mental pemakainya. Psikotropika sering diistilahkan dengan amfetamin Jenisnya yaitu: nipam, megadon, sedatif-hipnotik (benzodiazepin/BDZ, BK, Lexo, MG, Rohip, Dum), Sabu-Sabu, Angel Dust, Speed, Inex/Ekstasi/Methampethamines.
3. Zat-Zat Adiktif; yaitu efek dari narkoba yang menimbulkan kecanduan dimana pengguna selalu menginginkan barang tersebut lagi dan lagi. Narkoba jenis ini umumnya memutuskan syaraf-syaraf dalam otak sehingga menyebabkan penderitanya bersifat pasif. Jenisnya yaitu: putaw, heroin, ganja, kafein, nikotin, dan alkohol.
Tidak ada untungnya sama sekali menggunakan obat-obat terlarang. Seseorang dapat kehilangan segalanya karena kecanduan narkoba termasuk nyawanya sendiri. Narkoba mengancam generasi muda kita dari waktu ke waktu dan hanya kasih sayang keluarga serta kuatnya peran dan fungsi keluarga dalam proses tumbuh kembang yang dapat menjauhkan anak-anak dan remaja dari narkoba. Kenali narkoba dan bahayanya lalu say no to drugs abuse!

0 komentar:

Posting Komentar